Rabu, 19 Januari 2022, WIB
Breaking News

Kamis, 22 Agu 2019, 15:32:05 WIB, 4067 View UPPM, Kategori : PKM

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berbentuk pelatihan pembuatna sabun cair dan sabun krim (sabun colek) ini telah terlaksana dengan baik. Kegiatan pelatihan terlaksana tepat waktu, yakni pada hari Rabu, 21 Agustus 2019 pukul 09.00 – 12.00 WIB dihadiri oleh 47 warga (daftar hadir terlampir). Produk sabun yang dihasilkan berkualitas baik ditinjau dari tinggi busa dan pH Sabun.

Proses pembuatan sabun berjalan dengan baik, warga masyarakat dapat dengan baik dan cukup mudah mengikuti modul/prosedur kerja yang telah disiapkan oleh para instruktur (modul terlampir).

Dari satu set (paket) bahan baku pembuatan sabun, dihasilkan produk akhir kurang lebih 17 liter produk sabun cair, sedangkan untuk sabun krim/colek dihasilkan kurang lebih 9 kg. Dari analisa biaya secara kasar, maka dari satu set (paket) bahan baku pembuatan sabun cair maupun sabun krim/colek, masyarakat dapat memperoleh margin keuntungan kurang lebih 55% dari modal awal. Hal ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat menjadi sumber penghasilan tambahan ataupun untuk memenuhi kebutuhan (konsumsi) sendiri.

Harapan dari masyarakat adalah bahwa kegiatan sejenis ini dapat dilaksanakan kembali di kemudian hari. Dengan demikian masyarakat dapat mengakses perkembangan informasi dan teknologi baru yang bermanfaat bagi kehidupannya.

Ketua                   : Ir. H. Mansyur, M.Si.

Anggota               :

 -  Ir. Rosmiati, M.Si.

 -  Dr. Erwin Pardede, M.Si.

 -  Abdul Azis Rahmansyah, M.T.

 -  Tengku Rachmi Hidayani, M.Si         .        

 -  Andri Chairun, S.T.

 -  Sri Astuti, S.T.

 -  Dewi Kasita, A.Md.

 -  Mustakim, S.T., M.Eng.



PEMBUATAN SABUN CAIR DAN SABUN COLEK SKALA HOME INDUSTRI
Kamis, 22 Agu 2019, 15:32:05 WIB, Dibaca : 4067 Kali

Tuliskan Komentar