Rabu (19/6/2024), sebagai bentuk penjaminan mutu (quality assurance) di satuan kerja kemenperin, Inspektur Jenderal Bapak M. Rum didampingi Inspektur I Bapak Bayu Fajar Nugroho melakukan kunjungan Kerja di Wilayah Sumatera Utara. Adapun penjaminan mutu (quality assurance) yang dilakukan oleh Itjen merupakan pendekatan sistematis untuk memastikan bahwa proses ataupun layanan pada setiap Satker sesuai dengan aturan, akuntabel dan efektif.

Pertemuan ini diselenggarakan di Lecture Hall PTKI Medan dan turut dihadiri oleh pimpinan 3 satuan kerja yaitu Bapak  Poltak Evencus (Direktur PTKI Medan), Bapak Chairil Almy (Kepala BDI Medan), dan Bapak Hendra Leonard (Kepala BSPJI Medan). Selain itu juga dihadiri tim dari 3 satker tersebut. PTKI Medan sebanyak 40 orang, BDI 10 orang dan BSPJI sebanyak 15 orang.

Sebagai wilayah dengan total Satker Kemenperin yang cukup banyak, Sumatera Utara menjadi sasaran peninjauan dan pengawalan kegiatan oleh Itjen di tahun 2024 ini. Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan bahwa proses operasional dan manajemen di satuan kerja tersebut telah berjalan sesuai dengan standar yang ditetapkan. Tujuan utamanya adalah untuk melakukan evaluasi, pengawasan, dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan layanan publik.  Inspektur Jenderal mendorong pengembangan sistem penjaminan mutu di satuan kerja dengan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan serta memberikan saran untuk perbaikan berkelanjutan.