Pustakawan Politeknik Teknologi Kimia Industri Medan, Marianna Sitanggang, S. Sos terpilih sebagai Duta Baca Kota Medan 2022. Pemilihan Duta Baca Kota Medan diadakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Medan. Pengumuman Pemilihan Duta Baca Medan diadakan 29 September 2022.

Marianna Sitanggang, S. Sos ditemui dalam ruang kerjanya bersyukur dengan kepercayaan yang diberikan sebagai Duta Baca Kota Medan. Marianna menerangkan bahwa sebelumnya Pustakawan PTKI Medan dalam Lomba Pustakawan Berprestasi tingkat Sumatera Utara dan masuk 11 Besar di tahun 2021. “Jadi ada motivasi lebih untuk lebih serius dan berjuang untuk menang di Lomba Duta Baca Kota Medan,”terangnya.            

Dalam Lomba Duta Baca Kota Medan 2022 diikuti oleh 39 orang yang terdiri berbagai kalangan seperti dosen, guru, dan pegiat literasi lainnya. Setiap peserta di tahap awal harus membuat karya tulis, lalu mengikuti tahapan ujian tes tertulis hingga tahap wawancara.

Pustakawan lulusan Universitas Sumatera Utara tersebut mengangkat fenomena TikTok dalam promosi perpustakaan berjudul “Fenomena Kak Jill Gorden dan Strategi Promosi Perpustakaan Melalui Sosial Media TikTok.” Menurutnya, media sosial khususnya TikTok yang sangat digandrungi oleh kalangan pemuda saat ini sangat strategis dijadikan media promosi. “Kak Jill Gorden bisa bertahan dengan bisnis gordennya di tengah pandemi menjadi inspirasi bagi saya kenapa kita tidak menggunakan TikTok sebagai media promosi”tegasnya.

Marianna Sitanggang juga mengucapkan terima kasih atas dukungan Politeknik Teknologi Kimia Industri Medan sejak awal hingga tahap akhir termasuk Direktur PTKI Medan Poltak Evencus, MT, Kepala Perpustakaan Sri Kumala Sari Tarigan, S. Sos dan pihak lainnya.