Perpustakaan Politeknik Teknologi Kimia Industri Medan menyelenggarakan lomba video kreatif perpustakaan 2022. Tema yang angkat ialah Literasi dan Kegemaran Membaca. Kegiatan ini bersifat terbuka bagi seluruh kalangan internal PTKI medan.

Kepala Perpustakaan PTKI Medan, Sri Kumala Putri mengatakan bahwa kegiatan  ini merupakan agenda tahunan Perpustakaan PTKI Medan. Tahun sebelumnya perpustakaan PTKI mengadakan lomba dengan tema pemustaka terbaik. “Kali ini kita mencoba sesuatu yang baru dan beda. Sekarang trennya berkaitan konten dan video kreatif, jadi kita mencoba untuk memanfaatkan momen itu.

Sri Kumala menambahkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh semua kalangan yang ada di PTKI baik dari kalangan mahasiswa, dosen, dan petugas kebersihan. “Cukup variatif dan kreatif yang ditunjukkan dari video-video mereka,”tambahnya.

Lomba kali ini dimenangkan oleh Imanuel Julian, Mahasiswa Prodi Teknik Mekanika, Juara II Alpan Hutabarat, Mahasiswa Prodi Agrobisnsi Kelapa Sawit, dan Juara III dimenangkan oleh Hanna Sitinjak dari kalangan dosen. Untuk Juara Harapan I diraih M. Yazid mahasiswa Prodi Teknik Kimia, Juara Harapan II Bagus, Ketua Tim Kebersihan PTKI Medan, dan Juara Harapan III diraih Preity Margaretha Purba mahasiswa Prodi Teknik Kimia. Semua video lomba peserta dinilai oleh juri-juri dari pustakawan Perpustakaan PTKI Medan. Aspek yang dinilai ialah kesesuaian tema yang diangkat dan tingkat kreativitas yang oleh peserta.

Anna Sitanggang, Pustakawan PTKI Medan sekaligus Duta Baca Kota Medan menambahkan bahwa tingkat antusiasme tahun cukup meningkat dibandingkan sebelumnya. Sekalipun menurutnya perlu ditambahkan lagi. “Kalau dikatakan antusiasme cukup. Namun kami berharap bisa lebih banyak dan meriah lagi. Sehingga diperlukan kolaborasi dari lebih banyak pihak lagi seperti dosen, mahasiswa, dan stakeholders lain,”tambahnya.

Poltak Evencus, MT selaku Direktur PTKI Medan mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini. PTKI sebagai salah satu perguruan tinggi negeri menurutnya terus berinovasi dalam meningkatkan literasi khususnya di PTKI Medan. Sebelumnya PTKI Medan melalui Direktur PTKI Medan menghimbau kepada seluruh civitas akademika Politeknik Teknologi Kimia Industri Medan untuk membudayakan membaca buku minimal 15 menit setiap hari senin pada minggu kedua. Himbauan tersebut tertuang dalam SE 1058/BPSDMI/PTKI/X/2022.