Akademik Jadwal PKL. Sidang dan Wisuda 2019        PMBPengumuman dan Brosur PMB 2019        AkademikJadwal Perkuliahan Sem.Genap 2018/2019        Panduan Penyelesaian kendala pada portal mahasiswa

Mahasiswa Miliki Kelebihan Siap Berdaya Saing

Alumni, Kuliah Umum

Politeknik Teknologi K­imia Industri (PT­KI) Ne­geri Medan menghadirkan se­jumlah alumni yang sukses dan men­jadi praktisi di bi­dang in­dus­tri.

Kehadiran tiga alumni PTKI Medan itu dikemas da­lam acara kuliah umum yang di­­­­pandu dosen, Juna Sihom­bing ST MT bertajuk “Sugar Refinery Machineries Tecno­logy,” Sabtu (7/4) di auditorium kampus se­­tempat Jalan MentengVII Medan.

Ketiga alumni tersebut Leo Lambok Lum­bangaol (al umni 1987), M. Joli (alumni 1990) dan Jambore Lom­ba­ngaol (alumni 1996).

Wakil Direktur PTKI Medan bidang Ke­ma­ha­sis­wa­­­an dan Kerja Sama, Ir Adil Barus MSi kepada Ana­lisa di sela-sela acara ter­sebut me­nga­takan peran alumni sangat pen­ting dalam me­ma­jukan mutu pendi­dikan di PTKI Medan.

Dari alumni yang eksis ber­­ke­cim­pung di dunia in­dus­tri, akan diketahui per­kem­ba­ngan dan kemajuan teknologi in­dustri. Se­hingga PTKI Medan yang meru­p­a­kan per­guruan tinggi di ba­wah li­ng­kungan Ke­men­ter­ian Pe­rin­dus­trian RI mampu mengha­silkan tenaga ahli yang siap berkompetisi dan ber­daya saing, dalam mengisi dunia industri. Apalagi PTKI Medan menerapkan pendi­di­kan vokasi.

“Karena itu kedatangan alumni mem­­be­rikan ilmu penge­ta­huan dan informasi ter­kini sa­ngat bermanfaat mem­be­ri­kan pence­rahan kepada ma­hasiswa,” ucap Adil Barus seraya menye­but­kan PTKI Medan selalu menyikapi ke­majuan tekno­logi dan ke­bu­tuhan dunia industri.

Tipikal sama

Leo Lambok Lumbangaol yang saat ini menjabat GM PT Medan Sugar Industry me­nyatakan semua lulusan perguruan tinggi sama tidak ada bedanya. Dicon­toh­kan­nya, tipikal lulusan Fakultas Teknik baik dari USU, UMA, ITM ilmunya itu sama-sama tek­­nik.

Karena itu, ungkap Leo mahasiswa harus memiliki kelebihan, tidak hanya ilmu teknik tapi keterampilan atau ilmu lainnya yang men­du­kung keahlian.

“Alumni PTKI Medan harus mempunyai kelebihan agar siap berdaya saing di dunia kerja dan industri,” ujar Leo.

Dia juga mengatakan beban atau tanggung jawab menciptakan kelebihan ma­hasiswa tidak hanya terletak kepada PTKI Medan. tapi juga tanggung jawab alumni.

“Alumni bisa berperan menginformasikan berbagai kemajuan dan teknologi yang di­gunakan industri saat ini..Dengan ­bim­bingan alum­ni maka mahasiswa PTKI memiliki kele­bi­han atau nilai tambah sehing­ga siap ber­da­ya saing,” kata Leo seraya berharap brand image PTKI Medan bisa sama de­ngan ITB.

Ketiga alumni yang men­jadi pembicara, juga me­mo­tivasi sedikitnya 400 ma­ha­siswa dari tiga jurusan. Leo dalam memotivasi ma­­hasiswa me­negaskan hidup harus mem­punyai prinsip, mental kuat jangan takut dan cengeng. Jadilah manusia tangguh dan siap bertarung.

“Jangan ada lagi alumni PTKI yang tak berani ke luar Medan.Jadilah pribadi yang tangguh,” ujar Leo.

Turut hadir pada kegiatan itu, di antaranya Wakil Direktur I PTKI Medan, Hasbullah Panga­bean ST MT, Kajur Teknik Mesin, Nelson Silitonga ST MT. (twh)
http://harian.analisadaily.com/kota/news/mahasiswa-miliki-kelebihan-siap-berdaya-saing/535698/2018/04/09

Mahasiswa Miliki Kelebihan Siap Berdaya Saing