PMB Pengumuman Hasil Tes Kesehatan Gelombang II dan Daftar Ulang        AkademikPembayaran SPP dan Pengisian KRS Semester Ganjil TA. 2019/2020        LokerLowongan kerja di Sugar Group Companies        AkademikJadwal PKL. Sidang dan Wisuda 2019        PMB2019Hasil Tes Tulis Gelombang II        Panduan Penyelesaian kendala pada portal mahasiswa

2019, PTKI Melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda

Politeknik Tek­nologi Ki­mia Industri (PTKI) Medan menyatakan kesia­pan­­nya me­­laksanakan pendidikan sistem ganda (dual system) pada ta­hun 2019. Pendidikan sistem ganda, kata Direktur PTKI Me­dan, Ir H Mansyur M.Si me­ru­pakan amanah pe­­me­rin­tah melalui Kemen­te­rian Per­in­­dus­trian RI.

Hal itu dikatakan Di­rek­tur PTKI Me­dan pada per­te­muan dengan orangtua ma­ha­sis­wa dalam acara pem­­bu­kaan Pembinaan Di­­siplin Men­­tal dan Bela Negara (PDM BN) bagi mahasiswa baru tahun 2018, Sabtu (4/8) di kampus Jalan Me­dan Tenggara VII Medan.

Mansyur menjelaskan pendidikan sistem ganda itu adalah pendidikan 50 persen di kam­pus dan 50 persen di industri. “Tahun 2019 kita mem­buka satu kelas untuk bi­dang tek­nologi pe­ngelo­la­an kelapa sa­wit,” ung­kapnya.

PTKI Medan katanya merupakan pendidikan tinggi negeri milik pemerintah di ba­wah Kementerian Perin­dus­trian RI. Karenanya, ma­ha­siswa yang diterima sangat ber­un­tung. “Yang mendaftar seki­tar 3 ribu orang, namun yang lulus diterima se­kitar 400 ora­ng. Tahun ini jumlah ma­ha­siswa yang diterima ber­ku­rang. Tahun lalu sekitar 480 orang,” ujarnya.

Disebutkannya, PTKI Medan terus menciptakan dan menghasilkan sumber daya manusia industri yang be­rkompeten, bukan utama untuk menjadi PNS. Ka­re­nanya lulusan PTKI akan menjadi tenaga industri be­r­kompeten yang ber­­ser­tifikat. Ser­tifikat itu dikeluarkan Ba­dan Na­si­onal Sertifikasi Pro­fesi (BNSP). “Selain ijazah, lulusan PTKI juga akan me­nerima sertifikat dari BNSP,” ujarnya.

Sementara itu Pem­bantu Direktur (Pu­dir) III Bidang Ke­ma­ha­siswaan dan Kerja Sama, Ir Adil Barus M.Si me­ng­ung­kapkan ma­hasiswa PTKI akan terus dilatih untuk men­jadi tenaga ahli yang siap ter­jun ke du­nia industri. Pi­haknya juga terus ber­si­ner­gi dengan dunia industri, agar ma­ha­siswa ber­pres­tasi sebe­lum ta­mat sudah di­lirik oleh industri.

Wajib

Pudir I Bidang Akademik Hasbullah Pangabean ST MT menegaskan mahasiswa baru wajib mengikuti beban kuliah se­ba­nyak 114 SKS, atau enam semester dalam tiga ta­hun. Maha­siswa harus serius men­ja­lani pendidikan, jika ter­masuk indeks pre­s­tasi (IP) di bawah 1,5 maka terpaksa diber­hen­tikan se­bagai maha­siswa.

Kasub­sibinlat Ops Brimob Poldasu, AKP Martua Ma­nullang pada ke­sempatan itu memotivasi mahasiswa baru untuk menjadi generasi muda yang unggul, cerdas dan pro­fesional yang berguna bagi bangsa dan negara.

Pihaknya juga meng­ucapkan terima kasih kepada PTKI Medan atas keper­ca­ya­an untuk membina ma­ha­siswa baik disiplin, mental dan bela negara. “Tahun 2018 ini meru­pa­kan tahun ke delapan menjadi pelaksana PDMBN,” ujar AKP Ma­nu­lang

Ketua Panitia PDMBN 2018, Andri Junianku Si­tom­pul didampingi Sekre­taris, Devy Ariany, Ben­dahara, Kh­ai­­runnisa Lu­bis serta Ketua BEM Hari Anantha Si­pa­hu­tar dan Ketua dan MPM, Rahma Zam­za­mi men­­­­­jelaskan PDMBN di­lak­sanakan di dua lokasi, yakni Senin (6/8) – Selasa (7/8) di kampus PTKI dan empat hari di Mako Bri­mob Poldasu.

“Total peserta sebanyak 378 mahasiswa dari jurusan teknik kimia industri, teknik mekanik industri dan agri­bisnis kelapa sawit,” ujar Andri

Turut hadir, Pudir II Pol­tac Evencus Hu­tajulu ST MT, Ketua Jurusan Agri­bisnis Ke­lapa Sawit, Irwan Rah­miaji, KTU Par­togi Pang­a­be­­an, M.Kom, Kepala Seksi Adm dan Kerja Sama, Mah­yana SE dan pa­nitia peng­awas Juna Sihom­bi­ng, ST. (twh)
http://harian.analisadaily.com/kota/news/2019-ptki-melaksanakan-pendidikan-sistem-ganda/598395/2018/08/07

2019, PTKI Melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda